Basmi online

PROPOSAL BISNIS

Posted on: 5 November 2010

Proposal

The proposal is to start a successful business

(Proposal Awal Sukses Bisnis)

oleh : Soehartono

Bila Anda berada dalam situasi penjualan Anda mungkin perlu untuk membutuhkan proposal yang efektif dan tepat sasaran tujuan. Namun sebelum anda membuat   proposal anda harus paham dulu tentang proposal.

Apa yang dimaksud  sebuah proposal ?

Ada dua pertimbangan mendasar bagi setiap proposal: apa yang masuk ke dalamnya dan bagaimana itu disampaikan.

Setiap proposal proyek berisi setidaknya beberapa elemen-elemen ini, meskipun tidak harus dalam urutan ini: surat pengantar, halaman judul, daftar isi, kredibilitas dan kualifikasi, laporan masalah dan dasar pemikiran untuk melakukan pekerjaan itu, tujuan (s) dan mendukung tujuan , biaya pengukuran rencana operasi, kerja atau produk dan evaluasi, ringkasan,, dan lampiran. Bagaimana Anda mengatur, menulis, dan mengirimkan proposal Anda sangat penting untuk keberhasilannya.

Sebuah proposal tidak lebih dari sebuah alat yang Anda gunakan untuk mendapatkan sebuah tugas. Hal ini seharusnya tidak menjadi cetak biru untuk melakukan pekerjaan itu. Setelah semua, Anda tentu tidak ingin memberikan semua yang kau tahu dalam proposal Anda sehingga klien potensial Anda atau atasan hanya bisa mengambilnya dan menyerahkannya kepada orang lain untuk melaksanakan. Sering kali ada garis halus antara mengatakan apa yang Anda rencanakan untuk lakukan dan mengatakan bagaimana Anda berencana untuk melakukannya. Proposal paling efektif march berani sampai ke garis … dan berhenti.

Tujuan dari proposal

Proposal Anda adalah alat penjualan dan harus digunakan sebagai demikian. Ini merupakan deklarasi dari apa yang Anda rencanakan untuk klien Anda atau atasan Anda serta konfirmasi bahwa Anda adalah orang yang tepat, departemen, atau perusahaan untuk melaksanakan proyek. Ini harus dipikirkan dengan baik, jelas ditulis, cukup diilustrasikan, dan profesional disajikan. Ada yang kurang mengurangi kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Tidak peduli seberapa kompeten Anda dan mampu melakukan pekerjaan, kebenaran yang sederhana adalah bahwa Anda mungkin tidak mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan keahlian Anda jika Anda menyiapkan dan mengajukan proposal yang gagal untuk berbicara baik tentang Anda.

Panduan ini  untuk menulis proposal yang hebat yang akan meningkatkan bisnis baru Anda dan penjualan.

Meringkas di depan

Anda Mulailah proposal dengan ringkasan eksekutif, terutama yang ada lebih dari satu halaman panjang. Jelas, jauh lebih mudah untuk menulis ringkasan setelah proposal selesai, melakukan ini pada permulaan umumnya berarti ekstra pekerjaan membuat revisi nanti. Kemungkinan arah Anda akan berubah agak seperti yang Anda membangun berbagai dokumen itu.

Ringkasan bukanlah pengganti proposal itu sendiri. Sebaliknya, ini merupakan referensi cepat dan ringkas untuk apa proposal berisi. Kadang-kadang disebut abstrak, garis, atau ikhtisar, ringkasan adalah pernyataan ringkas tentang apa proposal penuh berisi. Selama presentasi pribadi, akan sangat berguna baik sebagai pengenalan dan wrap-up. Kemudian jika menjadi perlu untuk kembali ke usulan untuk klarifikasi titik tertentu, ringkasan berfungsi sebagai pelari memori nyaman. Untuk alasan ini Anda mungkin perlu mempertimbangkan menggunakan poin-poin ketika format ringkasan.

Sebuah kata tentang cara mengatur

Sebelum benar-benar mulai menulis bagian dari proposal Anda, pikirkan tentang apa yang ingin Anda menaruh ke dalamnya-dan apa yang Anda lebih memilih untuk pergi keluar. A, konstruksi logis sekuensial menjadi garis yang memungkinkan Anda untuk bergerak melalui presentasi lisan Anda lancar dan menyeluruh, baik mengembangkan narasi Anda dan kualifikasi Anda untuk pekerjaan sebagai Anda pergi.

Saat Anda mengatur pikiran Anda, membuat catatan tentang apa yang Anda perlu menyertakan dan kemudian mengurutkan mereka ke dalam urutan yang Anda berniat untuk alamat masing-masing dalam pertemuan presentasi dengan klien atau supervisor. Yang terbaik untuk mengurutkan seperti dengan seperti. Artinya, tidak mencampur departemen perusahaan dan latar belakang atau biografi pribadi, mandat, dan referensi dengan rencana tindakan Anda. Tempat dukungan tersebut dan bahan bukti-historis-kemampuan Anda setelah rencana bahwa Anda menyarankan.

Sampul surat

Karena memberitahu pemahaman Anda mengenai proyek dan menyatakan bahwa Anda adalah orang yang tepat, departemen, atau perusahaan untuk melakukan pekerjaan, surat lamaran adalah elemen yang paling penting dari proposal itu, melainkan juga merupakan item yang terakhir untuk mempersiapkan diri sebelum Anda membuat Anda presentasi. Keep it short, tidak lebih dari satu halaman. Negara masalah dalam satu atau dua kalimat dan menceritakan apa yang ingin Anda lakukan. Jangan lupa untuk menyatakan penghargaan atas kesempatan untuk mengajukan proposal Anda.

Jangan mengikat surat Anda ke dalam proposal itu sendiri. Tidak apa-apa untuk klip ke penutup atau memasukkannya ke dalam saku dalam folder, tetapi harus longgar sehingga saat Anda mulai presentasi Anda, penerima dapat memegang di tangan-nya.

Cetak huruf pada kop surat, sebaiknya lembaran berat yang memiliki merasa nyaman. Alamat untuk menghubungi utama Anda, orang dengan siapa Anda akan bekerja dan kepada siapa Anda akan melaporkan. Selalu menandatangani surat itu. Anda dapat menggunakan nama pertama atau penuh, itu tergantung pada bagaimana pribadi dekat Anda dengan lawan bicara. Jangan gegabah dalam membuat keputusan itu, bagaimanapun, itu lebih aman untuk berbuat salah di sisi formalitas daripada menganggap suatu keakraban yang tidak benar-benar ada.

Masalah dan rencana

Bagian utama dari proposal menguraikan masalah atau proyek yang Anda melihatnya. Itu beruang mengulangi: Negara Anda pemahaman akan kebutuhan dan situasi yang mendorong Anda mengajukan proposal. Jelaskan alasan untuk tindakan. Artinya, audiens Anda katakan apa masalah mereka dan mengapa mereka perlu keahlian dan bantuan Anda. Jangan berasumsi mereka tahu. Tentukan lingkup usaha dan solusi dan tujuan Anda berniat untuk mencapai, masing-masing menggambarkan dari segi tujuan diskrit.

Berhati-hatilah untuk menghindari tidak sengaja menyiratkan komitmen untuk tindakan selain yang secara khusus dinyatakan dalam rencana Anda. Jangan, misalnya, memungkinkan inferensi untuk ditarik bahwa Anda akan memasok bahan tertentu, personel, dokumentasi, pelatihan, atau dukungan yang berkelanjutan jika Anda tidak berniat untuk melakukannya. Demikian pula, harus berhati-hati selama presentasi Anda tentang melakukan dengan perjanjian lisan yang tidak terkandung dalam proposal tertulis. Sangat diterima-bahkan dianjurkan-untuk menggariskan baik kewajiban Anda dan orang-orang dari individu atau perusahaan yang Anda mengajukan proposal Anda. Lebih baik membahas dan menyepakati item seperti pada saat presentasi proposal dari menghadapi kesalahpahaman di jalan.

Karena rencana merupakan bagian daging proposal Anda, harus meringkas strategi Anda dengan jelas dan mencakup garis waktu, kesempatan untuk umpan balik, dan ketentuan baik untuk evaluasi berkala dan pengukuran hasil akhir. komunikasi dua arah sangat penting bagi keberhasilan proyek-proyek besar dan, karena alasan itu, harus dibangun ke dalam setiap prosedur dan objektif. laporan rutin dan persetujuan, secara eksplisit disediakan untuk dalam proposal Anda, akan membantu menjaga komunikasi yang terbuka dan meredakan kekhawatiran mungkin selama perjalanan proyek. Jika proyek Anda harus sesuai dengan standar peraturan, tahu persis bagaimana tes dan verifikasi akan terjadi. Dan jika waktu atau kendala lainnya yang ditentukan oleh pihak luar, menggambarkan proses yang akan Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Saat Anda lay out rencana Anda, cobalah untuk mengingat beberapa pertanyaan yang audiens Anda tidak dapat meminta melainkan akan pasti berpikir: “Apa yang bisa kita harapkan sebagai hasil minimum pekerjaan Anda?” dan “Apa langkah-langkah yang akan Anda ikuti, dan bagaimana kita tahu bahwa Anda (dan kami) adalah pada sasaran?”

Yang pertama berkaitan dengan tujuan proyek secara keseluruhan. Jika Anda jelas dalam presentasi Anda tertulis dan lisan, audiens Anda akan tahu persis apa prestasi mereka dapat melihat setelah penyelesaian proyek. Pertanyaan kedua sedikit lebih sulit untuk dijawab karena Anda dapat membantu negara tambahan dan hasil akhir tanpa sepenuhnya mengungkap metodologi dan prosedur. klien atau supervisor Anda perlu tahu apa yang diharapkan tentu saja. Tapi menggambarkan setiap langkah kinerja Anda mungkin memerlukan banyak usaha keras dan, dalam beberapa kasus, benar-benar dapat membahayakan Anda memenangkan kontrak atau penugasan.

Sisa cerita

Grafik, grafik, gambar garis, garis waktu, dan ilustrasi lain membantu menyampaikan informasi dengan cepat dan logis. Sertakan mereka dalam proposal Anda dalam cara Anda berpikir bahwa mereka yang terbaik akan memperjelas dan melengkapi teks, tidak berhati-hati untuk memisahkan mereka secara fisik dari material yang mereka berhubungan. Artinya, tidak menempatkan item dalam lampiran ilustrasi karena yang mendorong membalik-balik halaman bolak-balik ketika Anda sedang mencoba untuk menyajikan kasus Anda.

Jika proposal tersebut lebih dari 10 halaman, termasuk meja khusus halaman isi sebagai panduan bagi pembaca.

Setelah menjelaskan masalah dan rencana yang merupakan dasar untuk proposal Anda, ikuti bagian-bagian dengan referensi; biografi para pelaku yang akan terlibat dalam tugas tersebut; daftar klien dan proyek; identitasnya, lisensi, dan sertifikasi, mungkin daftar istilah ; daftar ilustrasi, dan informasi pendukung lainnya.

Apa semua ini akan dikenakan biaya?

Lebih sering daripada tidak, ketika Anda tangan sekelompok orang proposal dicetak untuk mengikuti ketika Anda membuat presentasi Anda, seseorang terikat untuk menghidupkan langsung ke halaman terakhir untuk memeriksa perkiraan biaya. Jangan menaruhnya di sana.

Karena biaya hanyalah salah satu elemen dari setiap proposal bersama dengan waktu, kualitas pekerjaan dan bahan, dan tunjangan yang berasal dari proyek-sekarang sebagai tersebut dan memasukkannya ke dalam rencana Anda di mana paling logis cocok. Jika Anda memilih untuk menunjukkan biaya item individual di seluruh proposal, jangan lupa untuk menyertakan sebuah halaman rekap dengan tallies lengkap.

Biaya express dalam hal nilai bukan sekedar menyatakan mereka sebagai harga. Artinya, menyebutkan bahwa komponen atau jasa tertentu mungkin tampak mahal, tapi Anda sertakan karena ini adalah biaya yang paling efektif untuk mengambil kursus dan akan menghemat uang dalam jangka panjang. Dengan mengangkat isu diri sendiri, Anda menunjukkan keahlian Anda dan profesionalisme sementara mengempis resistensi potensial.

Demikian pula, jika anda menemukan keberatan yang kuat terhadap total biaya, tanyakan bagian mana dari proposal audiens Anda berpikir mungkin berada di luar anggaran. Bersiaplah untuk beberapa negosiasi on-the-spot yang akan memungkinkan Anda untuk menghilangkan atau membuat substitusi untuk item yang tidak dianggap penting oleh klien atau supervisor. Pergi ke presentasi proposal tanpa pengetahuan tentang alternatif sangat menguntungkan untuk Anda dan membuat Anda terlihat tidak siap.

Bahasa Anda
Tidak ada proposal membunuh lebih cepat daripada miskin atau menulis ceroboh. Tidak peduli seberapa mengesankan pengetahuan teknis Anda, keakraban dengan bidang, atau merekam lagu, proposal sembarangan disiapkan dapat azab kesempatan Anda untuk sukses. Dipikirkan dan persiapan tidak lengkap atau tidak rapi dicetak proposal mencerminkan negatif pada kemampuan Anda untuk melakukan pekerjaan itu, menunjukkan bahwa Anda mungkin sama-sama lalai dalam pekerjaan Anda.

Cobalah untuk menghindari penggunaan jargon, singkatan, dan istilah dalam. Alih-alih membuat suara Anda lebih cerdas dan berpengetahuan, mereka dapat menghambat proses komunikasi dan menghasilkan efek sebaliknya. Misalnya, meskipun Anda merasa yakin audiens Anda tahu apa yang sedang Anda bicarakan, selalu ada peluang bahwa salah satu anggota kelompok meninjau proposal Anda mungkin salah paham ekspresi. Atau mungkin dia hanya mungkin belum pernah mendengar istilah tertentu dan enggan untuk meminta penjelasan. Tanpa sepengetahuan Anda, bahwa mungkin orang seseorang yang akhirnya memiliki pengaruh kuat atas apakah usulan Anda diterima atau ditolak.

Tulisan.

Singkat tapi lengkap harus menjadi tujuan Anda. Bahkan jika subjek Anda sangat teknis, bayangkan bahwa orang yang Anda menulis sedang duduk di seberang meja dari Anda ketika Anda menulis dan Anda berbicara langsung kepadanya. Kita semua sedikit lebih hati-hati-lebih formal-ketika kita menulis daripada ketika kita berbicara, tetapi tidak melayani tujuan yang baik untuk menggunakan bahasa berbunga-bunga dan tidak perlu mengaburkan atau sok terminologi. Jika ada keraguan dalam pikiran Anda bahwa kata atau frase mungkin salah paham atau asing bagi audiens Anda, mendefinisikannya. Orang-orang yang sudah akrab dengan istilah ini tidak akan tersinggung. Tulis dalam kalimat lengkap sebanyak mungkin, bahkan ketika daftar nomor atau bullet poin.

Perlu diketahui bahwa mungkin ada pembaca yang tersembunyi yang Anda pernah melihat atau bahkan tahu tentang yang membaca proposal Anda setelah Anda melakukan presentasi Anda, CFO atau pengawas keuangan yang akhirnya menyetujui semua faktur mungkin contoh. Apakah orang (s) memahami setiap titik mengandung tanpa mendengar Anda menjelaskan, “Apa yang benar-benar berarti adalah …”? ini Juga ingat bahwa bagian dari teks dapat dibaca dengan keras. Jika anggota audiens Anda bertanya, “Apa tugas kita di sini yang mengatakan …,” ia harus dapat membaca bagian ini lancar tanpa tersandung serangkaian frase kaku atau sulit mengucapkan kata-kata atau suara .

Jauhkan Anda menulis profesional dalam nada tanpa pengap. Meskipun audiens membaca Anda dapat terdiri sepenuhnya dari rekan dekat, itu tidak berarti proposal Anda dapat melesat seperti catatan pribadi, penuh dengan slang dan familiarities. Ingat juga bahwa bahasa Inggris mungkin bukan bahasa pertama dari setiap orang yang mendengarkan presentasi Anda atau membaca proposal Anda. Jika keadaan tersebut cukup penting untuk meminta proposal formal, membutuhkan tingkat profesional perhatian.

Beberapa penulis proposal tahu bidang mereka maju, mundur, dan ke samping tetapi tidak mampu mengekspresikan diri dengan baik di media cetak. Jika itu situasi Anda, meminta bantuan dalam menulis proposal Anda. Itu selalu lebih baik untuk berkolaborasi dengan seorang penulis yang kompeten daripada risiko kehilangan tugas.

Setiap sistem pengolah kata mencakup pemeriksa ejaan, melainkan ada untuk digunakan. Tapi jangan tergantung pada hal itu secara eksklusif; mengoreksi pekerjaan Anda sebelum mengirimkan itu. Cara terbaik untuk melakukannya adalah untuk memungkinkan proposal untuk duduk untuk satu atau dua hari kemudian untuk membacanya keras-keras. Anda juga mungkin ingin meminta asosiasi untuk pergi sebelum Anda membuat presentasi Anda.

Mengulang kata-kata
Banyak usulan penulis mengambil standar kata-kata yang ditulis sebelumnya-sering disebut diulang-untuk bagian proposal mereka. Ada pasti ada yang salah dengan praktek seperti. Hal ini menghemat waktu dan menghilangkan kesalahan … atau bukan?

Kecuali setiap proposal yang keluar dari kantor Anda baca dengan cermat sebelum daun, ada bahaya bahwa Gremlins akan menemukan jalan mereka ke dalam dokumen Anda. Boilerplate yang berisi spasi untuk insersi yang berbeda yang harus diisi karena setiap proposal yang baru ditulis sangat rawan kecelakaan. Kegagalan untuk mengubah hanya satu ABC Widget Perusahaan sebelum mengajukan proposal kepada XYZ Widget Perusahaan dapat menghancurkan seluruh presentasi Anda. Tidak hanya merupakan suatu tanda memalukan dari kecerobohan, tetapi juga dapat mengungkapkan lebih jauh tentang bisnis Anda daripada Anda mau tahu.

Pengulangan memiliki kehidupan rak terbatas. Tumbuh basi dan ketinggalan zaman sebelum Anda menyadarinya. Sama sekali tidak kurang sering daripada setiap enam bulan Anda harus memeriksa setiap salah satu bagian yang Anda rutin termasuk dengan proposal Anda. Jangan mengandalkan asisten untuk melakukan pekerjaan ini untuk Anda karena ia mungkin tidak memiliki pengetahuan yang cukup saat ini. Juga, Anda yang akan membuat presentasi kepada klien Anda atau supervisor, dan, karenanya, kau yang akan perlu menjelaskan keliru, tidak lengkap, atau bahkan informasi rahasia yang entah bagaimana merayap ke proposal Anda.

Permintaan proposal

Meskipun perusahaan Anda atau departemen selama bertahun-tahun mungkin telah mengembangkan format penyusunan penawaran dan proposal, kadang-kadang diperlukan agar Anda menyesuaikan desain Anda. Permintaan proposal yang diterbitkan oleh perusahaan besar atau lembaga pemerintah sering mengharuskan setiap proposal sesuai dengan format yang sangat spesifik.

Hal ini untuk keuntungan yang berbeda Anda untuk mengikuti semua petunjuk yang tersedia, terutama jika Anda harus mengajukan proposal Anda melalui surat dan tidak akan memiliki kesempatan untuk membuat presentasi pribadi. Permintaan proposal form tinjauan Standar memungkinkan untuk membandingkan apel dengan apel dan jeruk ke jeruk. Jika pembaca harus berburu melalui dokumen Anda untuk menemukan titik kritis, dia malah mungkin lebih suka membuang dokumen samping. Setelah semua, resensi tersebut mungkin berpikir, jika orang ini bahkan tidak bisa mengikuti arah kita, bagaimana kita bisa mengharapkan hasil yang memuaskan dari proyek ini?

Ketika menanggapi permintaan proposal, membaca pedoman hati-hati dan menyoroti setiap instruksi kualifikasi. Buatlah daftar persyaratan dan cek masing-masing seperti yang Anda menyelesaikannya. Jangan menyertakan informasi lebih dari yang diminta kecuali jika benar-benar penting untuk kiriman Anda dan Anda telah memasukkan penjelasan lengkap dalam surat lamaran Anda. Demikian juga, jika Anda tidak dapat menyelesaikan semua bagian dari RFP, termasuk penjelasan lengkap tentang mengapa bagian-bagian tertentu yang hilang. Kirimkan formulir proposal yang lengkap dan selesai; sedikit demi sedikit pengiriman menciptakan kesan buruk.

Tunjukkan dan katakan

Resist, bahkan sampai ke titik ribut tampak, semua permintaan untuk “hanya kirimkan kepada kami.” Apa pun singkat pertemuan tatap muka pasti akan menurunkan dari proposal Anda. Setelah semua, proposal Anda dimaksudkan untuk menjual lebih dari layanan Anda, tetapi juga menjual Anda.

Ketika tiba hari untuk presentasi Anda, pastikan bahwa semua para pengambil keputusan akan hadir. Panggil depan hari sebelumnya dan menanyakan apakah orang tidak akan hadir. Jika Anda tahu nama mereka, membaca daftar untuk kontak utama Anda. Karena orang hilang kemudian bisa menerima penafsiran para peserta yang sebenarnya ‘dari pertemuan di tempat presentasi Anda hati-hati direncanakan, yang terbaik untuk semua orang di ruang yang sama pada waktu yang sama. Jika hal itu tidak layak, meminta untuk menjadwalkan kembali tanggal presentasi sampai semua pihak dapat hadir. Pukul sepuluh pagi biasanya waktu yang paling tepat untuk jam dan setengah-ke pertemuan dua jam, hari Jumat sore adalah yang paling menguntungkan.

Karena kita hidup di dunia yang tidak sempurna, memang akan ada saat Anda tidak akan menjangkau setiap pengambil keputusan secara bersamaan. Anda mungkin harus proposal Anda hadir kembali kepada orang-orang yang tidak mampu untuk hadir pertama kalinya di sekitar, atau Anda mungkin harus mengandalkan presentasi bekas dari orang-orang kepada siapa Anda berbicara awalnya.

Dalam kasus pertama, mencoba untuk bervariasi gaya presentasi Anda agak dari pertemuan awal. Beberapa kelompok sebelumnya, mungkin hadir, dan jika Anda menjalankan melalui proposal Anda dengan cara yang sama Anda lakukan pertama kali, Anda mungkin terdengar kaleng dan datar. Sebuah pendekatan baru yang lebih mungkin untuk menahan kepentingan semua orang di ruangan itu.

Jika presentasi Anda akan disampaikan ke orang lain oleh anggota penonton awal, pastikan bahwa orang yang benar-benar mengerti setiap kata yang Anda katakan. Tanyakan apakah dia ingin informasi tambahan untuk membantu dengan menceritakan kembali kemudian dari rencana Anda.

Di mana saya mulai?

Setelah basa-basi awal berada di luar cara, mulai presentasi Anda dengan surat lamaran Anda. Ini pengenalan pribadi Anda kepada audiens Anda, bukti bahwa Anda memahami kebutuhan proyek Anda gambarkan, dan pernyataan Anda bahwa Anda adalah orang yang tepat atau perusahaan untuk melakukan pekerjaan itu. perhatian Panggil ke surat itu, secara fisik bawa dari proposal-ingat, itu tidak boleh terikat ke dalam proposal itu sendiri-dan tahan dengan kedua tangan di depan Anda. Itu isyarat untuk semua orang di ruangan untuk melakukan hal yang sama. Mereka akan melakukannya jika Anda melakukannya.

Tanpa membaca surat itu keras-keras, mengundang audiens Anda untuk mengikuti teks sebagai parafrase Anda dan rekap apa surat itu. Meminta komentar dan baik merespon singkat kepada mereka atau mengatakan bahwa Anda akan mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan mereka nanti saat Anda mencapai titik-titik dalam presentasi Anda. Cepat menuliskan catatan sehingga Anda jangan lupa untuk melakukannya.

Setelah menentukan bahwa Anda memiliki perhatian semua orang hadir dan tidak ada penghalang untuk melanjutkan, memimpin kelompok ke dalam ringkasan rencana Anda. Sekali lagi, rekap poin Anda berniat untuk menutup dan meminta pertanyaan, merespon dengan cara yang sama seperti di atas.

Menjaga kelompok bersama terkadang sulit tetapi selalu diperlukan. Hanya satu orang yang bersikeras untuk membalik-balik halaman dan membuat komentar off-the-point dan pengamatan cepat dapat mengganggu aliran dari presentasi Anda. Anda mungkin meminta dia untuk membuat catatan barang untuk klarifikasi sehingga Anda dapat alamat masing-masing pada akhir presentasi Anda.

Ketika Anda bergerak melalui presentasi Anda, berbicara basi kepada orang-orang di sekitar Anda. Ingat bahwa Anda tidak menguliahi kelas universitas atau berbicara dengan Rotary Club. Presentasi Anda adalah  proses bisnis meskipun Anda mungkin menunjukkan teknis Anda tahu-bagaimana-dan Anda berusaha untuk memenangkan sebuah kontrak atau sebuah tugas. Tidak akan mungkin bagi Anda untuk tampil sebagai orang-pakar atau perusahaan yang tepat untuk pekerjaan ini-kecuali Anda menerima lampu hijau dari audiens Anda. Jauh lebih tergantung pada titik ini pada kemampuan Anda untuk mengungkapkan bagaimana Anda bermaksud untuk menerapkan keahlian Anda daripada apa keahlian yang sebenarnya.

Lead, tidak membaca. Jangan membaca untuk pendengar Anda apa yang telah mereka sebelum mereka pada halaman dicetak dan sangat mampu membaca sendiri. Sebaliknya, ulangi, parafrase, dan rumit seperti yang disebutkan teks dalam hal konsep, prosedur, dan strategi. Sebelum memulai presentasi Anda, mark up salinan proposal Anda dengan komentar dan amplifikasi titik penting. Berhati-hati, Namun, sekitar memperluas topik pada sedemikian rupa sehingga Anda melibatkan diri untuk tindakan di luar lingkup proposal Anda.

Jika Anda memilih untuk menggunakan flip chart, PowerPoint, overhead atau proyektor slide, VCR, layar komputer, atau bantuan demonstrasi lain, praktek di depan waktu sehingga hasil presentasi Anda lancar. Dan, tentu saja, periksa peralatan anda sebelum pertemuan untuk melihat bahwa itu berfungsi dengan baik. Dalam acara tersebut Anda mengalami masalah dengan alat layar Anda, jangan mengambil lebih dari satu menit atau jadi mencoba untuk melakukan koreksi atau Anda akan kehilangan audiens Anda. Sebaliknya, bersiaplah untuk melanjutkan tanpa audio / bantuan visual.

Hambatan dan gangguan

Ini tidak biasa untuk berbeda pendapat dan perselisihan-kadang-kadang bahkan konfrontasi-ke permukaan selama presentasi proposal. Dikenal atau tidak dikenal untuk Anda mungkin seseorang dalam audiens Anda yang sebelumnya disajikan atau disponsori proposal serupa yang ditolak. Mungkin ada penentang bawaan yang ketidakpercayaan inovasi atau perubahan apapun. Mungkin ada satu atau dua orang yang mengadopsi acara-aku! sikap dan menolak untuk percaya bahwa ide yang pantas didengar untuk pernah bisa datang dari (pilih salah satu) orang dalam, orang luar, perwakilan lapangan, staf perusahaan, wanita, pria, insinyur, ahli pemasaran, atau … mengisi kosong.

Semua itu tidak hilang, namun. Obstructionists dapat sangat berguna selama presentasi Anda karena mereka mengangkat isu-isu dan keberatan bahwa Anda dapat secara efektif merespon dan menetralisir-terutama ketika Anda siap untuk melakukannya. Tanpa overplaying atau Pandering untuk menyusahkan anggota audiens Anda, menerima kritik apresiasi dan anggun dan membangun di atasnya, menekankan poin positif Anda sedang melakukan presentasi.

audiens penonton ketika Anda berbicara. Apakah ada seseorang yang sering terlihat di ambang mengajukan pertanyaan, tapi kemudian menarik diri? Apakah satu orang tantangan berulang kali laporan Anda? Apakah ada orang yang tampaknya terpisah dan tidak tertarik sementara yang lain mengangguk dengan penuh semangat setiap kali Anda memperkenalkan detail baru? Apakah Anda membosankan mereka atau melibatkan mereka? Sesuaikan kecepatan dan gaya berbicara sesuai dan langsung beberapa komentar Anda untuk individu-individu tertentu, merujuk pada nama mereka. Kemudian kutipan tanggapan mereka kembali ke kelompok sebagai bagian dari presentasi Anda.

Pentingnya kemasan

Bertentangan dengan apa yang kita mungkin ingin percaya, orang membeli buku dengan sampul. Kerapian dan menghitung mata banding. Sebuah proposal yang sulit untuk menangani atau tidak profesional dalam penampilan detracts dari presenter, perusahaan-nya atau departemen, dan rencana keseluruhan. Beberapa jam menghabiskan beberapa tambahan untuk membuat tampilan proposal tertulis yang baik dapat berarti perbedaan antara penerimaan dan penolakan.

Keep it simple. Gunakan kualitas kertas  yang bagus-sesuatu dengan konten kain tinggi memiliki yang terbaik dan menghindari merasa-kertas berwarna. Daripada menyorot, mereka cenderung untuk mengalihkan perhatian. Stick sampai 8 ½ “flow chart x 11″ ukuran dan flip, skema, bagan organisasi, grafik, dan ilustrasi lain di dalam proposal itu sendiri. lembaran yang besar pasti sulit untuk file dan cepat menjadi kumal, penampilan compang-camping yang akan membuat seluruh proposal Anda tampak buruk. Jika Anda menggunakan rencana yang besar dan gambar, daftar mereka sebagai ilustrasi kode dalam teks proposal seminar Anda dan mengirimkan mereka sebagai pameran terpisah.

Laser pencetak dokumen Anda menggunakan yang mudah dibaca tipografi. Serif jenis jauh lebih mudah dibaca daripada sans serif. Sepuluh-titik mungkin jenis ukuran yang cukup besar kecuali jika Anda tahu bahwa satu atau lebih tinjauan memiliki kesulitan membaca print-kecil kemudian naik ke 11 – atau 12-point. Jangan membenarkan (align) dengan marjin kanan teks. Benar, itu tampak lebih rapi, tetapi lebih sulit untuk dibaca, terutama jika printer Anda meninggalkan ruang menganga antara kata-kata.

Tinggal jauh dari tipografi artsy dan font dan tata letak halaman rumit. Lebih sering daripada tidak mereka hanya membingungkan pembaca. Banyak usulan penulis saat ini menggunakan format atau program desktop publishing untuk desain halaman. Kecuali Anda sudah familiar dengan teknik makeup halaman, meskipun, yang terbaik untuk meninggalkan jenis desain untuk para profesional. Dan menahan diri beberapa dalam menggunakan diagram dan grafik untuk menggambarkan setiap item Anda menggambarkan individu. Kadang-kadang penjelasan tertulis jelas bekerja lebih baik daripada grafis yang Anda harus berusaha keras untuk membuat.

Break up abu-abu halaman jenis padat dengan peluru dan daftar yang menarik mata pembaca untuk poin penting. Jauhkan margin yang cukup lebar (1 ½ “cukup) untuk memungkinkan audiens Anda untuk membuat catatan. Jumlah halaman sehingga Anda dengan mudah bisa mengarahkan audiens untuk informasi tertentu.

Proposal Anda adalah dokumen bisnis. Ketika Anda masuk ke pertemuan di mana Anda dijadwalkan untuk membuat presentasi Anda ke kelompok lima orang dan menemukan tujuh orang yang menunggu untuk Anda, jangan panik karena Anda hanya membawa lima salinan dari proposal bisnis Anda. Sebaliknya, mengantisipasi masalah dan mengambil salinan ekstra. Tidak banyak yang bisa Anda lakukan. Jalankan suatu salinan tambahan dari beberapa proposal usaha Anda dan membawa mereka dengan Anda. Meminta dua atau lebih orang untuk berbagi salinan adalah kontraproduktif.

anda dapat melihat panduan lainnya ide bisnis dan peluang bisnis.

2 Responses to "PROPOSAL BISNIS"

bolehlah…
keren juga

Leave a comment

Ini Tentang Kami

BASMI Budaya ngeblog adalah budaya baca dan menulis dalam skala massal. Sebuah budaya yang dilakukan bangsa-bangsa maju dan civilized. Indonesia akan tetap berkutat dalam kemunduran kalau masih stagnan pada budaya lisan dan enggan mereformasi diri. Setiap Blogger Indonesia "berkewajiban" untuk mengajak rekan-rekannya ngeblog--dengan bahasa Inggris atau Indonesia -- untuk sama-sama menuju tradisi baru insan modern.
Email: soehartono88@gmail.com

Arsip

Categories

polling gan!!!

apa pendapat anda tentang blog ini?
1) bagus
2) kurang bagus
3) jelek
4) keren
5) cool !!!

View Results

Make your own poll

Ranking 1

KALENDER

November 2010
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Blog Stats

  • 42,390 hits

Cek kecepatan BLOG Anda

Monitored by Pingdom